Rumah dan Sawah Desa Mayang Terendam Banjir, Warga Terancam Gagal Panen

Foto: kondisi air sungai meluap ke jalan hingga ke pertanian warga.
1648
ad

MEMOonline.co.id. Jember - Sejumlah rumah dan sawah milik warga di Dusun Klayu, Desa Mayang, terendam akibat banjir yang melanda daerah itu. Terendamnya pertanian tersebut, Hal ini di sebabkan sempitnya saluran air di jembatan. Selain itu, ketinggian air mencapai 5-50 cm.

Salah seorang warga setempat, Miftahul Arifin, mengatakan sempitnya aliran air di jembatan sungai Klayu kerapkali membuat air sungai meluap ke jalan.

"Apalagi banyak serpihan kayu atau material lainnya yang terbawa arus air terus tersangkut di kaki jembatan, pasti airnya meluap. Soalnya jembatannya kecil," ucapnya, Sabtu (12/11/2022).

Hal senada dikatakan Suti'ah. Menurutnya, air sungai tidak hanya meluap ke jalan saja. Melainkan merembes ke persawahan juga.

"Itu (Luapan air sungai, red) bisa merusak tanaman. Bisa mengakibatkan petani gagal panen juga," ujarnya.

Kades Mayang Eli Febriyanto membenarkan peristiwa banjir bandang yang menimpa warga dan sentra pertanian diwilayahnya.

Ia mengatakan akibat peristiwa itu, sawah masyarakat sepanjang aliran sungai hancur gagal panen lebih kurang 5 hektare.

Tak hanya itu, bahkan rumah warga juga tergenang air setinggi 50 cm.

"Akibat peristiwa itu rumah warga juga terdampak dan jalan banyak yang rusak,"

Eli mengatakan peristiwa banjir bandang terjadi akibat curah hujan yang sangat deras dan cukup lama, pada Jum'at kemaren.

"Hari ini bersama muspika dan masyarakat gotong royong bersihkan saluran irigasi dan memperbaiki titik jalan yang rusak,"ujar Eli.

Pihaknya berharap jembatan yang sempit tersebut cepat diperbaiki. Sebab, kata dia tidak menutup kemungkin hal serupa akan terulang lagi.

"Harapan kami kepada pemerintah jembatan ini diperlebar, kasian para petani dan warga yang terdapat banjir," pungkasnya.

Penulis      :    Zainullah

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Keresehan warga Jember khususnya kaum Hawa terjawab sudah ketika Polisi bergerak cepat mengamankan seorang yang diduga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Proyek rehabilitasi gedung SMPN II Pasongsongan terpaksa dihentikan setelah ahli waris pemilik lahan, Taufik, melakukan...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kasus persetubuhan anak dibawah umur dengan terdakwa Mistur warga Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo, memasuki sidang...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

Komentar