Respon Cepat Keluhan Warga Masalembu, Bupati Fauzi Pastikan Segera Kirim Bantuan Pangan Lewat Armada TNI AL

Foto: Bupati Achmad Fauzi Pastikan Bantuan Bahan Pangan Segera Dikirim ke Masalembu
1503
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi memastikan segera mendistribusikan bantuan bahan pangan kepada masyarakat ke Kepulauan Masalembu.

Pengiriman bantuan bahan pangan tersebut nantinya akan menggunakan armada dari TNI Angkatan Laut (AL). Orang nomor satu di Kabupaten Sumenep itu mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial dan BPBD Provinsi Jawa Timur serta Koarmada II terkait bantuan bahan pangan ke pulau Masalembu.

Akan tetapi, pendistribusian tersebut masih harus menunggu instruksi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD Jatim dan Dinas Sosial provinsi. Kami sepenuhnya siap (pendistribusian logistik), tinggal menunggu Gubernur. Karena Pulau Masalembu dekat ke Kalimantan,” kata Bupati Fauzi, Selasa (28/2/2023).

Politisi PDIP ini menjelaskan, pendistribusian bantuan berupa logistik dan beras belum bisa dilakukan lantaran belum mengantongi izin syahbandar.

Dalam suratnya, syahbandar menyatakan pelayaran baru bisa dilakukan setelah tanggal 2 Maret 2023.

Namun demikian, pihaknya memastikan Pemkab Sumenep terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera menyalurkan bantuan ke Pulau Masalembu.

“Saya sudah instruksikan kepada jajaran untuk segera menyiapkan bantuan dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait. Ini agar masyarakat Masalembu segera mendapatkan bantuan, juga kelangkaan bahan pangan bisa segera diselesaikan,” tutur Fauzi.

Ia menegaskan penyaluran bantuan ke Masalembu harus segera dilakukan untuk meringankan kebutuhan masyarakat.

“Karena Pulau Masalembu dekat ke Kalimantan, maka bantuan harus cepat kita berikan. Menurut kepala BPBD Provinsi Jawa Timur, pada dasarnya (pendistribusian bantuan) sudah siap. Tinggal menunggu gubernur,” ujar Fauzi.

Sebagai informasi, pasokan kebutuhan pokok ke Masalembu tersendat lantaran kapal-kapal pengangkut logistik tidak bisa berlayar akibat cuaca buruk. Kondisi ini sudah terjadi sekitar dua pekan ke belakang.

Akibatnya, masyarakat di Masalembu kesulitan untuk mendapatkan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Penulis     :    Gita Larasati

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

 
ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

MEMOonline.co.id, Sampang- S inisial (54), seorang perempuan warga desa Blu'uran, kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur...

Komentar