Desa Ellak Daya Miliki 2 Program Baru, Kapan Launchingnya? Ini Kata Kepala Desa Siaga Setempat

Foto: Kader Desa Siaga Ellak Daya Melakukan Foto Bersama Dengan Perangkat Desa dan Pihak Kecamatan Lenteng, Sumenep
1459
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Pemerintah Desa (Pemdes) Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, baru-baru ini memiliki 2 program baru yang rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Desa Siaga, Desa Ellak Daya, Suryadi, bahwa kedua program yang rencananya akan dilaunching tersebut merupakan langkah konkret oleh Pemdes setempat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Sumenep, khususnya di Desa Ellak Daya.

"Ada 2 program yang belum terlaksana, yaitu Tabulin (tabungan ibu bersalin) dan Dasolin (dana sosial ibu bersalin)," kata Suryadi, Senin (8/5/2023).

Lebih lanjut Suryadi mengatakan, bahwa rencana peluncuran program tersebut utamanya bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan bagi ibu hamil hingga melahirkan berikut bayi yang dilahirkan dapat tumbuh sehat dan selamat.

"Kesehatan dan keselamatan benar-benar penting. kesadaran itu perlu dibangun dan dimulai dari keluarga sendiri lalu didukung oleh aparat setempat untuk memastikan warganya selalu baik," ucap Suryadi.

Disoal mengapa program tersebut menjadi salah satu target paling urgent untuk Pemdes Ellak Daya saat ini, pihaknya mengatakan bahwa hal tersebut dalam rangka mewujudkan program pemerintah Kabupaten Sumenep yang memiliki inisiatif kuat dalam memberantas angka stunting.

Sedangkan untuk memberitahukan terkait kedua program itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi melalui yang terlebih dahulu melalui kader-kader di bawahnya dan akan menggelar pertemuan rutin bulanan.

"Keselamatan ibu dan anak harus kami perhatikan (mencegah kematian ibu dan anak). Karena rencana ini juga masih berkaitan dengan program pemerintah dalam rangka menurunkan angka stunti, termasuk di Ellak Daya," lanjut Suryadi.

Sementara itu, disinggung soal dana atau anggaran yang akan digunakan, Suryadi mengatakan bahwa sebagian akan diambil dari sumbangan para kader di bawah pimpinan Kepala Desa (Kades) Khairudin. Yang mana, dalam merealisasikan hal ini juga tidak lepas dari support dari Kades setempat yang mengatakan jika langkah tersebut sangat penting untuk direalisasikan.

"Tetap semangat, selalu semangat dan bersama-sama menciptakan Ellak Daya agar makin baik lagi" tutup Kades Khairudin.

Penulis     :    Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Keresehan warga Jember khususnya kaum Hawa terjawab sudah ketika Polisi bergerak cepat mengamankan seorang yang diduga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Proyek rehabilitasi gedung SMPN II Pasongsongan terpaksa dihentikan setelah ahli waris pemilik lahan, Taufik, melakukan...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kasus persetubuhan anak dibawah umur dengan terdakwa Mistur warga Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo, memasuki sidang...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

Komentar