Berkat Si Kapal, KM Anugrah yang Mengalami Kebocoran Ditengah Laut Berhasil Diselamatkan

Foto: Peta lokasi terjadinya kebocoran KM Anugrah
1485
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Peristiwa laut menimpa Kapal Motor (KM) Anugrah yang mengalami kebocoran kapal, Kamis, (12/10/2023) sekitar pukul 01.00 Wib pagi di Kepulauan Saur Saebus, Sapeken, Sumenep, Madura.

Terjadinya peristiwa tersebut juga dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Teknologi dan Informatika (TI) Kabupaten Sumenep, Chairul bahwa KM Anugrah akan berangkat ke Banyuwangi, Jawa Timur dari Pulau Sapeken.

"Rekan di sana selaku Koordinator "Si Kapal" menginformasikan ke Call Center 112 bahwa ada kendala mesin dan menyebabkan kebocoran pada kapal sehingga airnya masuk," ucap Kabid TI Sumenep.

Beruntungnya, peristiwa tersebut dapat terdeteksi melalui pemasangan alat yang menyerupai black box atau kotak hitam yang memudahkan upaya dalam melakukan pencarian atau pertolongan ketika terjadi kecelakaan laut sehingga dapat ditalangi secepat mungkin.

Kemudian, untuk menangani masalah tersebut, dikirimkan bantuan Kapal Siaga Desa Sapeken untuk melakukan penarikan terhadap KM Anugrah yang sedang mengalami kebocoran.

"Jam 02.30 merapat ke Kepulauan Saur Saebus dan jam 03.00 Wib Koordinator Si Kapal, Pak Gilang menginformasikan bahwa membawa bantuan berupa Kapal Siaga Desa yang diberangkatkan menuju ke Saur Saebus untuk menarik KM Anugrah," lanjutnya.

Kemudian, Ilunk sapaan akrab Kabid TI Sumenep itu mengatakan, bahwa manfaat dari pemasangan alat pendeteksi tersebut merupakan pengembangan pelayanan kedaruratan berupa program Sistem Informasi Keselamatan Pelayaran (Si Kapal) untuk menekan angka kecelakaan laut yang sudah terkoneksi dengan reserver Call Center 112.

Kondisi terkini, KM Anugrah sudah berhasil ditarik hingga ke Dermaga Sapeken dan barang muatan akan dipindahkan ke KM Manyar.

"Semoga dengan inovasi SiKapal ini bisa memberikan keselamatan dan kenyamanan para pengguna transportasi lau untuk menekan angka laka laut," pungkasnya.

Penulis     :    Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

MEMOonline.co.id, Sampang- S inisial (54), seorang perempuan warga desa Blu'uran, kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur...

Komentar