Bupati Sumenep Berharap Kebijakan Anggaran Untuk Masyarakat di Paripurna Raperda APBD 2024

Foto: Suasana rapat Paripurna APBD 2024 di DPRD Sumenep
1242
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep menggelar rapat Paripurna tentang penyampaian Bupati Sumenep terhadap Pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas Nota Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumenep 2024, Senin (16/10/2023).

Dalam Paripurna tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menekankan agar kebijakan anggaran harus mampu memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat. Sehingga, pembangunan bisa berjalan sesuai pada kepentingan masyarakat.

"Agenda kebijakan politik anggaran yang difasilitasi melalui kesepakatan bersama harus mampu menjalankan fungsi-fungsinya. Sehingga, tepat guna dala pelaksanaanya,” kata bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

Menurutnya, kebijakan anggaran dalam rangka optimalisasi pelayanan menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

“Tujuan dan sasaran yang dilakukan tentu bermuara pada kepentingan masyarakat, sehingga dampaknya jelas,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya meminta dalam pembahasan anggaran 2024 lebih fokus pada kepentingan rakyat. Maka, saran, imbauan dan pertanyaan dalam pemandangan umum Fraksi menjadi hal penting untuk dijadikan pijakan dalam penyusunan kegiatan anggaran di tahun depan.

“Juga harus bermuada pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD),” tutur Bupati.

Menurut Bupati, dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024, Pemerintah Kabupaten Sumenep menggunakan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) RI sebagaimana amanat dari regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Hal ini sejalan dengan penyesuaian budaya kerja baru serta pemanfaatan teknologi digital dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, sebagaimana Peraturan Bupati Sumenep Nomor 39 Tahun 2023 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap pembahasan APBD 2024 bisa tuntas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. “Semoga tepat waktu dalam pembahasannya,” harapnya.

Penulis     :    Gita Larasati

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

MEMOonline.co.id, Sampang- S inisial (54), seorang perempuan warga desa Blu'uran, kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur...

Komentar