Pameran Produk SMK Swasta di Sumenep, Hiburan Siswa Tapi Syarat Kreasi dan Prestasi

Foto: Siswa SMKS Nurul Iman, Lenteng, di Pameran Produk SMK Swasta di Sumenep
1302
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Nurul Iman, Lenteng, Sumenep, Madura, mengikuti Pameran Produk 2024 SMK Swasta Kabupaten Sumenep yang diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Sumenep.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pameran tahun ini digelar di Lapangan Gotong Royong, Pajagalan, Sumenep, Selasa sampai dengan Kamis (5-7 Maret 2024) yang diikuti sebanyak 72 SMK Swasta se-Kabupaten Sumenep, termasuk SMK yang ada di daerah kepulauan.

Busiri, Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Nurul Iman mengatakan, melalui pameran produk yang diselenggarakan oleh MKKS Kabupaten Sumenep, siswa dapat berkreasi untuk menciptakan beberapa produk baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya selamat berpartisipasi sekalipun tidak sama dengan konsentrasi atau jurusan yang diajarkan di sekolah.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa siswa SMK juga dapat menciptakan ide-ide kreatif dengan melihat peluang yang ada melalui pameran produk yang berlangsung 3 hari tersebut. Selain itu, juga untuk mengasah atau mengeksplorasi mata pelajaran kewirausahaan, karena mata pelajaran kewirausahaan adalah salah satu pelajaran yang dipelajari di setiap jurusan di SMK manapun.

"Bisa dibilang hiburan tapi bukan hiburan yang sembarangan. Anak-anak bisa makin solit karena dari yang 5 orang itu perwakilan dari tiap tingkatan yang mengharuskan saling berkolaborasi untuk menciptakan kreasi," ucap Kepsek SMK Nurul Iman.

Didampingi 3 pendamping, sebanyak 5 siswa SMKS Nurul Iman nampak semangat menawarkan beberapa produk yang mereka produksi selama pameran produk berlangsung. Dengan memadukan cita rasa yang sempurna, mereka berkreasi menciptakan produk tradisional hingga kekinian.

"Tugas guru pendamping bukan yang menentukan tapi mendampingi dan sebatas memberi masukan. Kita serahkan ke siswa produknya mau bikin apa dan harga jual berapa, di mata pelajaran kewirausahaan siswa juga belajar BEP (break event point), jadi kita terapkan langsung melalui event seperti ini," imbuhnya.

Adapun produk yang ditawarkan selama pameran berlangsung meliputi es cincau, es jelly ball, es jeruk, tahu walik, pisang coklat lumer, dadar gulung, pentol aci, keripik kentang, bakso aci, mini cromboloni, brownies, pastel kering, kelepon, dan risol ayam.

Penulis     :    Elok Andriani

-

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Keresehan warga Jember khususnya kaum Hawa terjawab sudah ketika Polisi bergerak cepat mengamankan seorang yang diduga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Proyek rehabilitasi gedung SMPN II Pasongsongan terpaksa dihentikan setelah ahli waris pemilik lahan, Taufik, melakukan...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kasus persetubuhan anak dibawah umur dengan terdakwa Mistur warga Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo, memasuki sidang...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

Komentar