Semarak !! Warna Warni Karnaval Budaya Desa Sumberagung

Foto: Tugiran dan istri serta rombongan puskesmas
1252
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Salah satu yang paling dinanti-nantikan di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia HUT RI ke - 79 adalah karnaval. Bukan sekadar pawai, karnaval ini menjadi ajang unjuk kreativitas dan keunikan kostum yang dikenakan oleh para pesertanya.

Menggelar Karnaval Budaya Nusantara tingkat umum dengan tema 'Mewujudkan Budaya Indonesia'. Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember Jawa Timur. Sabtu (14/9/2024).

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 40 regu peserta tingkat umum se-Desa Sumberagung serta regu kehormatan dari Pemerintah Desa ( PEMDES ) Sumberagung ini berlangsung meriah dan penuh semangat.

Dengan mengambil start dari Dusun Tambakrejo dan Finish di Kantor Desa Sumberagung.kurang lebih 4 kilo meter yang harus dilalui para peserta karnaval.

Acara karnaval diberangkatkan oleh Sekretaris Kecamatan ( Sekcam ) Sumberbaru, Bambang Erwin Setyono SH. serta tamu undangan lainnya.

Tampak Kepala Desa Tugiran dan Istri tampil didepan dengan busana adat Jawa. Yang diiring oleh Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa desa tersebut.

Yoyok warga sumberagung. "Menjelaskan bahwa kegiatan Karnaval Budaya Nusantara bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebhinekaan dan memperkuat rasa cinta Tanah Air di kalangan generasi muda".

“Karnaval Budaya Nusantara ini bukan sekedar perayaan, tapi juga sebagai upaya untuk mencapai kebhinekaan dalam bingkai kemerdekaan. Dengan semangat ini, kita berharap dapat mewujudkan Nusantara baru yang maju dan sejahtera". Tegasnya.

Karnaval budaya merupakan perayaan spektakuler yang merayakan kekayaan dan keberagaman budaya suatu daerah atau negara. Dalam karnaval ini, berbagai elemen tradisional seperti tarian, musik, dan kostum ditampilkan dalam parade yang penuh warna dan budaya.

Bambang Erwin selaku Sekcam Sumberbaru mengatakan "Kegiatan Karnaval Budaya Nusantara ini tidak hanya menjadi ajang bagi para peserta untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam menampilkan budaya Nusantara,akan tetapi juga meningkatkan umkm". Ucapnya.

"Dalam karnaval ini, berbagai elemen tradisional seperti tarian, musik, reog, dan kostum yang ditampilkan dalam parade yang penuh warna dan semangat. Setiap aspek dari karnaval menggambarkan kekayaan sejarah dan warisan budaya". Pungkasnya.

Penulis     :   Zainal Arifin

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, membuktikan komitmennya dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya. Berdasarkan data...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Rapat pleno perdana Pengurus PWI Pusat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) digelar di Jakarta pada Rabu (18/9/2024), tepat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Jajaran Polres Sampang menangkap seorang pria berinisial IK (49), warga Paonjenan Timur, Kecamatan Batu Marmar, kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, meresmikan Graha Wiyata MAN Sumenep pada Selasa...

MEMOonline.co.id, Bogor- Jajaran Direksi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menyapa para pelanggan teladan di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tirta...

Komentar