Tegas Tolak Pertambangan Ilegal, Bupati Jember: Fokus pada Pertanian dan UMKM Lebih Menjanjikan

Foto: Bupati Jember Hendy Siswanto
1010
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Bupati Jember, Hendy Siswanto, menegaskan bahwa seluruh aktivitas pertambangan ilegal di wilayah Jember harus ditindak tegas dan ditutup.

Hal ini disampaikan menyusul meningkatnya praktik penambangan tanpa izin yang tidak hanya merugikan, tetapi juga mengancam kelestarian lingkungan.

Hendy memerintahkan agar segera dilakukan penertiban, termasuk penutupan tambang ilegal.

Menurutnya, sektor lain seperti pertanian dan UMKM jauh lebih menjanjikan untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian alam.

Sikap tegas Hendy juga mencuat terkait rencana penambangan emas di Kecamatan Silo, yang ia sebut merugikan generasi mendatang. Ia menegaskan bahwa sumber daya alam seperti emas perlu dijaga untuk anak cucu di masa depan.

“Jangan semua ditambang. Kalau lingkungan rusak, kita tidak bisa lagi menikmati udara segar,” tegas Hendy.

Bupati Jember lebih memilih fokus pada pengembangan sektor pertanian dan UMKM. Menurutnya, lahan pertanian yang luas masih menjadi andalan ekonomi Jember, sementara produk-produk UMKM seperti kopi robusta dan kerajinan memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Meskipun menolak tambang saat ini, Hendy tidak menutup kemungkinan pemanfaatan teknologi pertambangan yang ramah lingkungan di masa depan.

Penulis     :   Zainullah

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, membuktikan komitmennya dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya. Berdasarkan data...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Rapat pleno perdana Pengurus PWI Pusat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) digelar di Jakarta pada Rabu (18/9/2024), tepat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Jajaran Polres Sampang menangkap seorang pria berinisial IK (49), warga Paonjenan Timur, Kecamatan Batu Marmar, kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, meresmikan Graha Wiyata MAN Sumenep pada Selasa...

MEMOonline.co.id, Bogor- Jajaran Direksi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menyapa para pelanggan teladan di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tirta...

Komentar