Saat Ini, Proyek Rest Area Dengan Anggaran Rp 2 M di Desa Tulungrejo Mulai Dikerjakan

Foto: Suliono, Kepala Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
1394
ad

MEMOonline.co.id, Kota Batu – Pekerjaan proyek Rest Area, yang berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, sudah mulai dikerjakan.

Proyek dengan luas lahan sekitar 2,8 ribu meter persegi, dengan rencana anggaran senilai Rp 2 Miliar, bersumber dari dana Pemerintah Pusat, dan Dana Desa (DD).

Menurut Suliono, Kepala Desa Tulungrejo, proyek tersebut masuk ke dalam program kerja Desa Tulungrejo.

Dan pada tahap pertama, anggaran yang tersedia dari DD tahun 2018, sebesar Rp 633, 316,100 (enam ratus tiga puluh tiga juta, tiga ratus enam belas ribu, sertus rupiah) .

"Terkait proyek Rest Area itu, sengaja kami bangun untuk menambah estetika keindahan di desa. Mengingat Kota Batu sebagai sentra wisata. Dan ini sudah menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi desa. Karena dengan adanya Rest Area, bakal menyerap tenaga kerja. Artinya, masyarakat atau warga di sini bisa bekerja di Rest Area tersebut," kata Suliono, Senin (9/7/2018).

Dengan begitu lanjut Suliono, masyarakat desa setempat sudah diakomodir dan dikoordinasikan melalui kelompok-kelompok, agar nantinya bisa bekerja di proyek yang sedang dibangun, untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

"Penyelesaian pengerjaan proyek ini, kita menargetkan tahun 2019, harus sudah selesai. Sesuai dengan Seat Plan (desain rencana) atau gambar dan kerangka kerangka bangunan tersebut. Rencananya, bakal menelan anggaran berkisar Rp 2 Miliyar. Namun saat ini, dari anggaran yang dimaksud, masih tersedia senilai Rp 600.000.000. Berikutnya, kami anggarkan lagi ditahun 2019. Karena proses pengerjaan proyek Rest Area ini, pakai sistem swakelola," paparnya.

Maka dari itu sambung Suliono, dengan di bangunnya Rest Area tersebut, nantinya bakal didirikan juga kios-kios, yang nantinya akan memprioritaskan warga setempat.

"Ya, tujuannya supaya bermanfaat dan bisa memperdayakan warga sekitar yang kurang mampu. Mereka, (warga) di sini, agar bisa bekerja dengan berjualan melaui stand atau kios. Sekiranya, dengan dibangunnya Rest Area ini, supaya ada manfaatnya terhadap masyarakat sekitar. Selain itu, keberadaan Rest Area ini juga bisa dimanfaatkan bagi wisatawan yang sedang transit yang berkunjung ke Kota Batu," pungkasnya. (Risma/diens)

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Keresehan warga Jember khususnya kaum Hawa terjawab sudah ketika Polisi bergerak cepat mengamankan seorang yang diduga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Proyek rehabilitasi gedung SMPN II Pasongsongan terpaksa dihentikan setelah ahli waris pemilik lahan, Taufik, melakukan...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kasus persetubuhan anak dibawah umur dengan terdakwa Mistur warga Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo, memasuki sidang...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

Komentar